Book Online Board Game Session Now!

Online Board Game Session on Team Building, International E-Summer Course, The School of Business, IPB University, Bogor, Indonesia

Are you going to organize online event soon?

Feeling bored for a same old concept of webinar?

Looking for a fun way to engage participants ?

Bring our game to your online session and feel the experience that you’ve never seen before!

We provide Online Board Game service that can be customized for various purposes such as team building, ice breaking, knowledge transfer, webinar evaluation, climate change education, science class, etc. with affordable price. The game can be played by any platforms: Zoom, Google Meet Up, Skype, etc.

The game session will be hosted by our well-experienced facilitators!

This session is suitable for science class from 5th grade to 12th grade, university orientation, summer course, webinars, online reunion, human resource training and team building session for conference, company, NGOs, and community organization. Book your session now : ecofuncommunity@gmail.com.

Book your online session now to email : ecofuncommunity@gmail.com.

Please put subject : “Book Online Session”.

Looking forward to play with you soon!

Regards,

Ecofun Indonesia Team

Join Pay As You Wish Campaign!

Join Our “Pay As You Wish” Campaign!

“BELI ECOFUNOPOLY BAYAR SEIKHLASNYA”

Saat ini pandemi virus Corona menjadi kasus yang sangat serius untuk segera ditangani. Wabah ini memberikan dampak yang signifikan bagi beberapa sektor. Pekerja harian menjadi bagian yang paling merasakan dampak pandemi virus Corona. Banyak pekerja harian yang kesulitan mendapatkan penghasilan sehingga tidak mampu membeli bahan pokok makanan.

Untuk membantu para pekerja Harian, tim Ecofunopoly berinisiasi membuat kampanye “Pay As You Wish”.

Apa itu “Pay As You Wish”?
“Pay As You Wish” merupakan kampanye untuk membantu para pekerja harian yang tidak mampu membeli bahan pokok pangan. Tim Ecofun ingin mengajak para sahabat Ecofun untuk berbagi membantu mereka yang kehilangan pendapatan.

Kapan dilaksanakannya “Pay As You Wish”?
“Pay As You Wish” tanggal 9-10 Mei 2020 pukul 13.00-17.00 WIB.

Siapa Saja yang bisa mengikuti “Pay As You Wish” Campaign?
Siapapun bisa mengikuti kampanye ini. Permainan yang dibeli bisa digunakan untuk pribadi, bisa juga didonasikan ke lembaga / yayasan yang membutuhkan. Stok permainan tersedia dalam jumlah terbatas.

Bagaimana cara mengikuti “Pay As You Wish” Campaign?

  1. Bagi yang ingin mengikuti kampanye ini, dipersilahkan untuk mengirim chat ke admin via link berikut wa.me/6287873317079 sebelum campaign dimulai.
  2. Produk yang tersedia untuk kampanye ini adalah Ecofunopoly seri Emisi Karbon Reguler dengan harga normal 159,000.
  1. Pada saat kampanye berlangsung silahkan kirimkan data berikut :
    Nama pemesan
    Alamat pengiriman
    No. HP
    Harga yang ditawarkan

Catatan : Apabila permainan ingin didonasikan (bukan untuk pribadi), silahkan berikan alamat organisasi yang akan didonasikan

  1. Admin memproses pesanan dan game Ecofunopoly akan dikirimkan ke alamat tujuan
  2. Customer melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran.
  3. Admin mengirimkan game Ecofunopoly ke alamat tujuan.
  4. Pemesanan produk Pay As Your Wish hanya bisa dilakukan melalui Direct Message Instagram @ecofunopoly atau WhatsApp 087873317079 (Chat langsung ke link ini wa.me/6287873317079) atau klik bio – pilih Whatsapp

50% hasil keuntungan dari Kampanye ini akan diberikan dalam bentuk sembako kepada pekerja harian yang dirumahkan.

“Mari berbagi dengan sesama sambil merasakan seru nya bermain Ecofunopoly”

Silahkan share info ini ke kolega dan teman teman ya 🙂 terima kasih!

Ecofunopoly x E.thical

E.thical adalah sebuah Program Kewirausahaan Berkelanjutan yang bertujuan untuk memberdayakan anak muda di Indonesia Timur agar dapat mandiri dan membangun daerahnya secara berkelanjutan. Selama dua bulan sejak 7 September hingga 27 Oktober 2019, E.thical bersama mitra lokalnya Rikolto VECO, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Flores, dan Remaja Mandiri Community telah mengimplementasikan program pertamanya kepada 23 anak muda terpilih di Ende, Flores. Didanai oleh Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Seeds for the Future, program ini bertujuan untuk menggali potensi-potensi orang muda di Kabupaten Ende agar dapat berperan aktif dalam menangani masalah ekonomi, sosial, dan lingkungan di daerahnya secara terpadu dengan memanfaatkan potensi daerahnya. Selama 16 kali pertemuan di dalam kelas, E.thical memberikan pengalaman belajar yang unik dan menyenangkan khususnya untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai isu-isu keberlanjutan sebagai calon pengusaha. Ecofonupoly menjadi salah satu media permainan bagi 23 peserta E.thical Ende untuk memahami konsep keberlanjutan melalui hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Permainan Ecofunopoly menjadi pembuka dari serangkaian aktivitas Modul 2 yang tujuan akhirnya adalah agar para peserta memahami mengapa wirausaha berkelanjutan itu penting.

Permainan Ecofunopoly telah membuka mata para peserta mengenai dampak dari aktivitas-aktivitas kecil yang mereka lakukan setiap hari terhadap lingkungan. Sesi ini berlangsung menyenangkan bagi para peserta, beberapa bahkan banyak yang berkreativitas menciptakan puisi dan lagu mengenai lingkungan pada beberapa kartu tantangan. “Game ini telah memberikan banyak pelajaran terhadap saya, bahkan mengoreksi diri saya bahwa ternyata banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan sering terabaikan padahal sangat berdampak buruk terhadap lingkungan kita dan terhadap diri kita sendiri. Dalam game ini juga saya mendapatkan informasi-informasi baru. Seru sekali,” ujar Fini Oktaviani, salah satu peserta Program E.thical di Ende. Melalui permainan ini para peserta diajak untuk melakukan refleksi terhadap hal-hal yang telah mereka lakukan sehari-hari dan mendorong mereka untuk melakukan perubahan-perubahan kecil bagi lingkungan. Ecofunopoly akan menjadi salah satu aktivitas dalam program E.thical selanjutya di daerah-daerah lain Indonesia. Bersama Ecofunopoly, E.thical ingin menyebarkan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran mengenai lingkungan dan keberlanjutan.

DATANG YUK KE PESTA CERIA DEPOK MALL 27 JULI 2019!

ECOFUN x RUMAH DONGENG PELANGI main di Mall!
.
Buat Sahabat Dongeng yang tinggal di Depok, Rumah Dongeng Pelangi hadir berbagi keceriaan dalam rangka Hari Anak Nasional

Ada banyak kegiatan yang dapat Sahabat Dongeng lakukan bersama keluarga tercinta. Apa saja ya kegiatannya?
.

  1. Lomba Membaca Buku Cerita untuk Anak
  2. Lomba Membaca Buku Cerita bersama Keluarga
  3. Parenting Talk Show tentang Literasi
  4. Storytelling Show dari Kakak2 RDP
  5. Booth berisi aneka Games, diantaranya ECOFUNOPOLY Raksasa seri Sampah!
  6. Read Aloud bareng Bintang Tamu
  7. Kids Corner
    .
    Catat waktunya ya
    Hari / tanggal : Sabtu, 27 Juli 2019
    Waktu : 11.00 – selesai
    Tempat : Depok Mall @dmalldepok Lantai 3

    Ayo datang bersama keluarga
    Kita rayakan hari yang ceria bersama Rumah Dongeng Pelangi 🌈🌈
    .
    More info : Mima 08561321383
    .

rumahdongengpelangi #pestaceria #dmall #dmalldepok #infodepok #eventdepok

Summer Course on Applied for Sustainable Tourism

Mahasiswa asing dari 15 negara main Ecofunopoly Raksasa

Pada Selasa, 9 Juli 2019 telah diselenggarakan kegiatan yang bertema “Pariwisata Berkelanjutan” oleh Departemen Ekonomi dan Sumberdaya Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (Dept. ESL FEM IPB). Dengan melibatkan peserta yang berasal dari mahasiswa mancanegara, antara lain Tunisia, Egypt, Vietnam, Rusia, Perancis, Cina, India, Algeria, Filipina, dan Indonesia, acara ini diadakan di kampus IPB Dramaga.

Kegiatan ini mengusung topik mengenai lingkungan. Dalam rangkaiannya, terdapat edukasi yang membahas tentang lingkungan secara komprehensif namun dengan cara yang berbeda. Dengan dibungkus pada bentuk permainan “Ecofunopoly”, peserta berpartisipasi sangat antusias dan senang. Peserta dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri atas 2 orang dari tiap negara yang berbeda. Seluruh pemain dibagi ke dalam dua grup besar, grup pertama bermain Ecofunopoly seri Sampah yang dipandu oleh kak Erik, grup kedua bermain Ecofunopoly seri Emisi Karbon yang dipandu oleh kak Nisa. Selama bermain, atmosfer seru dan fun tentu menambah animo dan keakraban antar peserta. Selain menjadi akrab, masing masing pemain terlihat sangat kompetitif, mereka ingin memenangkan permainan.


Dalam sesi bermain ini, para peserta mendapatkan kesan-kesan yang seru dan penuh tawa. Pada Ecofunopoly seri Sampah, Permainan ini dimenangkan oleh Radhika Singlaa dari India dan Charles Blondel dari Prancis, sedangkan Ecofunopoly seri Emisi Karbon dimenangkan oleh April dari Vietnam. “Dari permainan ini, kita jadi bisa mengasah pengetahuan kita tentang tipe sampah, seru banget!” ujar Radhika Singlaa. Mereka juga mengungkapkan bahwa ini adalah kali pertama memainkan board game raksasa. Tak sampai disitu, peserta juga merasa telah memperoleh informasi mengenai lingkungan dengan cara yang unik dan menarik. “Selain dapet pengetahuan, kita juga merasa tercedaskan dengan cara yang gak membosankan. Bermain dan belajar hingga pintar dengan “Ecofunopoly”.” tutup Radhika sambil mengenakan selempang Duta Lingkungan Ecofun sebagai tanda bahwa ia memenangkan permainan. Acara ini merupakan kolaborasi kali kedua antara Ecofun Indonesia dengan Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Ditulis oleh : Fariza Fahira

Influencer Meet Up : Madani x Ecofun Indonesia

Pada tanggal 13 April lalu, Ecofun Indonesia berkesempatan untuk mengisi acara Influencer Meet Up yang diadakan oleh Yayasan Madani Berkelanjutan.

Influencers bersiap-siap main Ecofunopoly Raksasa seri Emisi Karbon, pemain menerima karbon kredit yang ditaruh di dalam pouch kuning

Sebagai informasi, Yayasan Madani Berkelanjutan merupakan sebuah organisasi nonpemerintah sekaligus lembaga nirlaba yang diisi dengan sebagian besar pemerhati lingkungan. Peran Yayasan Madani Berkelanjutan diantaranya adalah sebagai jembatan hubungan antarpemangku kepentingan, baik dari sektor pemerintah, swasta, dan sipil untuk menemukan solusi dalam permasalahan tata kelola lahan dan hutan.
Melalui acara Influencer Meet Up, Yayasan Madani Berkelanjutan mengajak sebanyak 20 peserta yang sudah melalui tahap seleksi untuk ikut berkontribusi dalam menyalurkan aspirasi dan solusi terkait isu lingkungan di Indonesia. Selain membahas isu lingkungan melalui kegiatan talkshow, para peserta juga diajak untuk berdiskusi mengenai politik, terutama menjelang Pemilu 2019 nanti karena pengisi acara datang dari berbagai organisasi, yaitu WikiDPR dan change.org.

Tidak hanya itu saja, Ecofun Indonesia turut diundang dalam mengisi rangkaian acara tersebut. Dipandu oleh Nurul Iswari dan Rifda Akmalia
sebagai fasilitator acara, Ecofun Indonesia mengadakan sesi bermain Ecofunopoly seri Karbon berukuran raksasa untuk memperkenalkan permainan edukasi berbasis lingkungan kepada peserta. Kegiatan bermain dapat dilihat dalam dokumentasi foto yang kami publikasikan. Sebanyak 10 peserta mengikuti kegiatan bermain yang terbagi menjadi dua sesi.

Pemain menerima karbon tambahan karena telah melakukan kegiatan yang tidak ramah lingkungan
Para pemain tertawa bahagia bermain Ecofunopoly, mungkin habis ketahuan! Hihihi

Mereka menunjukkan antusiasme yang besar dalam menyelesaikan tantangan yang diterima dari tiap kotak dalam permainan. Semua peserta merupakan micro influencer sekaligus milenial yang turut aktif dalam isu lingkungan sehingga selama permainan berlangsung, banyak dari mereka yang ikut berkomentar dan berdiskusi tentang permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan konten permainan Ecofunopoly. Dari kegiatan ini diharapkan micro influencer dapat terus menyebarkan pentingnya isu lingkungan melalui media sosial dan mengajak orang untuk peduli lingkungan melalui cara yang menyenangkan, salah satunya dengan permainan Ecofunopoly.

Artikel ini ditulis oleh Nurul Iswari, fasilitator dari Ecofun Indonesia.

AIESEC Summer School : Waste Education

Tanggal 23 Januari 2019, Ecofun Indonesia mendapatkan undangan dari Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan AIESEC IPB untuk mengisi sesi Waste Education dalam Program Summer School AIESEC.

Peserta Summer School terdiri dari satu mahasiswa Korea Selatan dan dua mahasiswi dari China. Acara ini diisi oleh Annisa Hasanah, Founder dan Owner dari Ecofun Indonesia. Pada 1 jam pertama, founder Ecofunopoly memberikan presentasi tentang Ecofunopoly, lalu dilanjutkan dengan sesi bermain Ecofunopoly seri Mengenal Sampah selama 40 menit.

Sesi bermain ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa asing saja, tetapi juga dosen-dosen ESL diantaranya ibu Mety dan ibu Nia.

Sesi bermain berlangsung dengan penuh canda tawa, mahasiswa dari Korea tak tahan menahan tawa ketika tahu bahwa dirinya menggunakan kemasan sekali pakai yang menyebabkan bertambahnya kartu sampah di tangannya.

Ingin main Ecofunopoly ke dalam acara-mu? hubungi admin 087873317079. Booking game session mu bersama Ecofunopoly sekarang!

Sosialisasi Ecofunopoly seri Kabut Asap di Riau

Pernahkah kalian membaca atau mendengar berita tentang kabut asap yang terjadi di Indonesia? Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga hutan dan mencegah dari kebakaran, Ecofun Indonesia bekerja sama dengan UNESCO Office Jakarta dalam program bertajuk Pelatihan dan Perkenalan Pendidikan Lingkungan Hidup: Perubahan Iklim dan Kabut Asap. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (18-20 Oktober 2018) ini mengambil lokasi yang rentan terjadinya kebakaran hutan, di Desa Sungai Rawa, Provinsi Riau.

Kali ini Ecofun Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengedukasi anak-anak sekolah SD Negeri 12 Sungai Rawa dan Madrasah Nurul Ikhsan. Kedua sekolah yang sama-sama berlokasi di Desa Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit ini menjadi satu dari sekian banyak lokasi yang terdampak kebakaran hutan. Kerjasama Ecofun Indonesia dengan UNESCO Office Jakarta yang disponsori oleh Malaysia Indonesian Funds in Trust merupakan sebuah upaya untuk meningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebakaran hutan.

Jauh hari sebelum Ecofun Indonesia tiba di lokasi, sudah dipersiapkan dua set permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap, kartu ingatan Kabut Asap, untuk dimainkan bersama murid sekolah. Lalu apakah permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap? Jenis permainan papan (board game) ini  diciptakan sebagai media pembelajaran siswa untuk memahami kebakaran hutan, serta meningkatkan tingkat adaptasi anak-anak dan pemuda terhadap bahaya kabut asap.

Hari pertama dalam agenda kegiatan, tim Ecofun mengadakan pelatihan (training of trainers) untuk guru-guru dari kedua sekolah. Dihadiri oleh sebanyak 24 guru, kegiatan yang dilakukan adalah simulasi bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap sambil pemberian materi mengenai konten yang terdapat di papan permainan. Tujuannya adalah guru dapat mendampingi murid sekolah dalam mengikuti permainan, sehingga suasana kegiatan bermain nantinya menjadi kondusif.

Di hari kedua dan ketiga adalah puncak rangkaian kegiatan, yaitu menggelar permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap berukuran 4 m x 4 m di setiap sekolah. SD Negeri 12 Sungai Rawa menjadi sekolah pertama yang merasakan serunya kegiatan bermain sambil belajar ini. Ukuran papan permainan yang besar dan setiap pionnya diisi oleh mereka sendiri menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk mengetahui setiap konten yang terdapat di dalam kotak permainan.

Ecofun Indonesia tidak hanya mengajak murid bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap, namun ada satu jenis permainan lagi yang diminati murid kelas 1 hingga 2 SD, yaitu permainan Kartu Ingatan. Tantangan dari permainan ini adalah mencocokkan pasangan kartu yang sama. Kartu-kartu ini berisikan gambar yang menyiratkan isu kebakaran hutan. Kelas 3-6 mendapatkan bagian bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap.

Masih dengan agenda kegiatan yang sama, Madrasah Nurul Ikhsan menjadi lokasi sekolah kedua yang berkesempatan untuk mempelajari kebakaran hutan dan kabut asap melalui permainan Ecofunopoly. Terdiri dari tiga tingkatan kelas, kegiatan bermain dilaksanakan di dalam kelas dengan menyelenggarakan permainan Kartu Ingatan dan Ecofunopoly edisi Kabut Asap bersamaan. Di akhir kegiatan, Ecofun Indonesia menyerahkan satu set permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap dan Kartu Ingatan kepada masing-masing sekolah.

Dari seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan, animo murid, guru, dan masyarakat sekitar sangat tinggi shingga diharapkan menumbuhkan perhatian serius dari segala pihak untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga hutan. Ecofun Indonesia akan terus memperluas jaringan kerja sama dalam mewujudkan hal ini. Kedepannya masyarakat luas bisa merasakan serunya bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap dan Kartu Ingatan, seperti dikutip dari John Muir, “Jalan paling jelas menuju alam semesta adalah melalui hutan belantara”. Ingatlah untuk selalu menjaga hutan!

Ditulis oleh : Nurul Iswari

Foto-foto : Selangit Studio

17 Agustus Event : Jakarta Aquarium

Ayo datang ke Jakarta Aquarium tanggal 17-19 Agustus 2018. Rayakan hari Kemerdekaan dengan bermain sambil belajar dengan Ecofunopoly Raksasa!

Kami tunggu kehadirannya!

CP: Finna 087873317079

Ied Mubarak

Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Selamat merayakan Hari raya dengan penuh suka cita!