DATANG YUK KE PESTA CERIA DEPOK MALL 27 JULI 2019!

ECOFUN x RUMAH DONGENG PELANGI main di Mall!
.
Buat Sahabat Dongeng yang tinggal di Depok, Rumah Dongeng Pelangi hadir berbagi keceriaan dalam rangka Hari Anak Nasional

Ada banyak kegiatan yang dapat Sahabat Dongeng lakukan bersama keluarga tercinta. Apa saja ya kegiatannya?
.

  1. Lomba Membaca Buku Cerita untuk Anak
  2. Lomba Membaca Buku Cerita bersama Keluarga
  3. Parenting Talk Show tentang Literasi
  4. Storytelling Show dari Kakak2 RDP
  5. Booth berisi aneka Games, diantaranya ECOFUNOPOLY Raksasa seri Sampah!
  6. Read Aloud bareng Bintang Tamu
  7. Kids Corner
    .
    Catat waktunya ya
    Hari / tanggal : Sabtu, 27 Juli 2019
    Waktu : 11.00 – selesai
    Tempat : Depok Mall @dmalldepok Lantai 3

    Ayo datang bersama keluarga
    Kita rayakan hari yang ceria bersama Rumah Dongeng Pelangi 🌈🌈
    .
    More info : Mima 08561321383
    .

rumahdongengpelangi #pestaceria #dmall #dmalldepok #infodepok #eventdepok

Summer Course on Applied for Sustainable Tourism

Mahasiswa asing dari 15 negara main Ecofunopoly Raksasa

Pada Selasa, 9 Juli 2019 telah diselenggarakan kegiatan yang bertema “Pariwisata Berkelanjutan” oleh Departemen Ekonomi dan Sumberdaya Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (Dept. ESL FEM IPB). Dengan melibatkan peserta yang berasal dari mahasiswa mancanegara, antara lain Tunisia, Egypt, Vietnam, Rusia, Perancis, Cina, India, Algeria, Filipina, dan Indonesia, acara ini diadakan di kampus IPB Dramaga.

Kegiatan ini mengusung topik mengenai lingkungan. Dalam rangkaiannya, terdapat edukasi yang membahas tentang lingkungan secara komprehensif namun dengan cara yang berbeda. Dengan dibungkus pada bentuk permainan “Ecofunopoly”, peserta berpartisipasi sangat antusias dan senang. Peserta dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri atas 2 orang dari tiap negara yang berbeda. Seluruh pemain dibagi ke dalam dua grup besar, grup pertama bermain Ecofunopoly seri Sampah yang dipandu oleh kak Erik, grup kedua bermain Ecofunopoly seri Emisi Karbon yang dipandu oleh kak Nisa. Selama bermain, atmosfer seru dan fun tentu menambah animo dan keakraban antar peserta. Selain menjadi akrab, masing masing pemain terlihat sangat kompetitif, mereka ingin memenangkan permainan.


Dalam sesi bermain ini, para peserta mendapatkan kesan-kesan yang seru dan penuh tawa. Pada Ecofunopoly seri Sampah, Permainan ini dimenangkan oleh Radhika Singlaa dari India dan Charles Blondel dari Prancis, sedangkan Ecofunopoly seri Emisi Karbon dimenangkan oleh April dari Vietnam. “Dari permainan ini, kita jadi bisa mengasah pengetahuan kita tentang tipe sampah, seru banget!” ujar Radhika Singlaa. Mereka juga mengungkapkan bahwa ini adalah kali pertama memainkan board game raksasa. Tak sampai disitu, peserta juga merasa telah memperoleh informasi mengenai lingkungan dengan cara yang unik dan menarik. “Selain dapet pengetahuan, kita juga merasa tercedaskan dengan cara yang gak membosankan. Bermain dan belajar hingga pintar dengan “Ecofunopoly”.” tutup Radhika sambil mengenakan selempang Duta Lingkungan Ecofun sebagai tanda bahwa ia memenangkan permainan. Acara ini merupakan kolaborasi kali kedua antara Ecofun Indonesia dengan Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Ditulis oleh : Fariza Fahira

Influencer Meet Up : Madani x Ecofun Indonesia

Pada tanggal 13 April lalu, Ecofun Indonesia berkesempatan untuk mengisi acara Influencer Meet Up yang diadakan oleh Yayasan Madani Berkelanjutan.

Influencers bersiap-siap main Ecofunopoly Raksasa seri Emisi Karbon, pemain menerima karbon kredit yang ditaruh di dalam pouch kuning

Sebagai informasi, Yayasan Madani Berkelanjutan merupakan sebuah organisasi nonpemerintah sekaligus lembaga nirlaba yang diisi dengan sebagian besar pemerhati lingkungan. Peran Yayasan Madani Berkelanjutan diantaranya adalah sebagai jembatan hubungan antarpemangku kepentingan, baik dari sektor pemerintah, swasta, dan sipil untuk menemukan solusi dalam permasalahan tata kelola lahan dan hutan.
Melalui acara Influencer Meet Up, Yayasan Madani Berkelanjutan mengajak sebanyak 20 peserta yang sudah melalui tahap seleksi untuk ikut berkontribusi dalam menyalurkan aspirasi dan solusi terkait isu lingkungan di Indonesia. Selain membahas isu lingkungan melalui kegiatan talkshow, para peserta juga diajak untuk berdiskusi mengenai politik, terutama menjelang Pemilu 2019 nanti karena pengisi acara datang dari berbagai organisasi, yaitu WikiDPR dan change.org.

Tidak hanya itu saja, Ecofun Indonesia turut diundang dalam mengisi rangkaian acara tersebut. Dipandu oleh Nurul Iswari dan Rifda Akmalia
sebagai fasilitator acara, Ecofun Indonesia mengadakan sesi bermain Ecofunopoly seri Karbon berukuran raksasa untuk memperkenalkan permainan edukasi berbasis lingkungan kepada peserta. Kegiatan bermain dapat dilihat dalam dokumentasi foto yang kami publikasikan. Sebanyak 10 peserta mengikuti kegiatan bermain yang terbagi menjadi dua sesi.

Pemain menerima karbon tambahan karena telah melakukan kegiatan yang tidak ramah lingkungan
Para pemain tertawa bahagia bermain Ecofunopoly, mungkin habis ketahuan! Hihihi

Mereka menunjukkan antusiasme yang besar dalam menyelesaikan tantangan yang diterima dari tiap kotak dalam permainan. Semua peserta merupakan micro influencer sekaligus milenial yang turut aktif dalam isu lingkungan sehingga selama permainan berlangsung, banyak dari mereka yang ikut berkomentar dan berdiskusi tentang permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan konten permainan Ecofunopoly. Dari kegiatan ini diharapkan micro influencer dapat terus menyebarkan pentingnya isu lingkungan melalui media sosial dan mengajak orang untuk peduli lingkungan melalui cara yang menyenangkan, salah satunya dengan permainan Ecofunopoly.

Artikel ini ditulis oleh Nurul Iswari, fasilitator dari Ecofun Indonesia.

AIESEC Summer School : Waste Education

Tanggal 23 Januari 2019, Ecofun Indonesia mendapatkan undangan dari Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan AIESEC IPB untuk mengisi sesi Waste Education dalam Program Summer School AIESEC.

Peserta Summer School terdiri dari satu mahasiswa Korea Selatan dan dua mahasiswi dari China. Acara ini diisi oleh Annisa Hasanah, Founder dan Owner dari Ecofun Indonesia. Pada 1 jam pertama, founder Ecofunopoly memberikan presentasi tentang Ecofunopoly, lalu dilanjutkan dengan sesi bermain Ecofunopoly seri Mengenal Sampah selama 40 menit.

Sesi bermain ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa asing saja, tetapi juga dosen-dosen ESL diantaranya ibu Mety dan ibu Nia.

Sesi bermain berlangsung dengan penuh canda tawa, mahasiswa dari Korea tak tahan menahan tawa ketika tahu bahwa dirinya menggunakan kemasan sekali pakai yang menyebabkan bertambahnya kartu sampah di tangannya.

Ingin main Ecofunopoly ke dalam acara-mu? hubungi admin 087873317079. Booking game session mu bersama Ecofunopoly sekarang!

Sosialisasi Ecofunopoly seri Kabut Asap di Riau

Pernahkah kalian membaca atau mendengar berita tentang kabut asap yang terjadi di Indonesia? Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga hutan dan mencegah dari kebakaran, Ecofun Indonesia bekerja sama dengan UNESCO Office Jakarta dalam program bertajuk Pelatihan dan Perkenalan Pendidikan Lingkungan Hidup: Perubahan Iklim dan Kabut Asap. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (18-20 Oktober 2018) ini mengambil lokasi yang rentan terjadinya kebakaran hutan, di Desa Sungai Rawa, Provinsi Riau.

Kali ini Ecofun Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengedukasi anak-anak sekolah SD Negeri 12 Sungai Rawa dan Madrasah Nurul Ikhsan. Kedua sekolah yang sama-sama berlokasi di Desa Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit ini menjadi satu dari sekian banyak lokasi yang terdampak kebakaran hutan. Kerjasama Ecofun Indonesia dengan UNESCO Office Jakarta yang disponsori oleh Malaysia Indonesian Funds in Trust merupakan sebuah upaya untuk meningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebakaran hutan.

Jauh hari sebelum Ecofun Indonesia tiba di lokasi, sudah dipersiapkan dua set permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap, kartu ingatan Kabut Asap, untuk dimainkan bersama murid sekolah. Lalu apakah permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap? Jenis permainan papan (board game) ini  diciptakan sebagai media pembelajaran siswa untuk memahami kebakaran hutan, serta meningkatkan tingkat adaptasi anak-anak dan pemuda terhadap bahaya kabut asap.

Hari pertama dalam agenda kegiatan, tim Ecofun mengadakan pelatihan (training of trainers) untuk guru-guru dari kedua sekolah. Dihadiri oleh sebanyak 24 guru, kegiatan yang dilakukan adalah simulasi bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap sambil pemberian materi mengenai konten yang terdapat di papan permainan. Tujuannya adalah guru dapat mendampingi murid sekolah dalam mengikuti permainan, sehingga suasana kegiatan bermain nantinya menjadi kondusif.

Di hari kedua dan ketiga adalah puncak rangkaian kegiatan, yaitu menggelar permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap berukuran 4 m x 4 m di setiap sekolah. SD Negeri 12 Sungai Rawa menjadi sekolah pertama yang merasakan serunya kegiatan bermain sambil belajar ini. Ukuran papan permainan yang besar dan setiap pionnya diisi oleh mereka sendiri menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk mengetahui setiap konten yang terdapat di dalam kotak permainan.

Ecofun Indonesia tidak hanya mengajak murid bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap, namun ada satu jenis permainan lagi yang diminati murid kelas 1 hingga 2 SD, yaitu permainan Kartu Ingatan. Tantangan dari permainan ini adalah mencocokkan pasangan kartu yang sama. Kartu-kartu ini berisikan gambar yang menyiratkan isu kebakaran hutan. Kelas 3-6 mendapatkan bagian bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap.

Masih dengan agenda kegiatan yang sama, Madrasah Nurul Ikhsan menjadi lokasi sekolah kedua yang berkesempatan untuk mempelajari kebakaran hutan dan kabut asap melalui permainan Ecofunopoly. Terdiri dari tiga tingkatan kelas, kegiatan bermain dilaksanakan di dalam kelas dengan menyelenggarakan permainan Kartu Ingatan dan Ecofunopoly edisi Kabut Asap bersamaan. Di akhir kegiatan, Ecofun Indonesia menyerahkan satu set permainan Ecofunopoly edisi Kabut Asap dan Kartu Ingatan kepada masing-masing sekolah.

Dari seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan, animo murid, guru, dan masyarakat sekitar sangat tinggi shingga diharapkan menumbuhkan perhatian serius dari segala pihak untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga hutan. Ecofun Indonesia akan terus memperluas jaringan kerja sama dalam mewujudkan hal ini. Kedepannya masyarakat luas bisa merasakan serunya bermain Ecofunopoly edisi Kabut Asap dan Kartu Ingatan, seperti dikutip dari John Muir, “Jalan paling jelas menuju alam semesta adalah melalui hutan belantara”. Ingatlah untuk selalu menjaga hutan!

Ditulis oleh : Nurul Iswari

Foto-foto : Selangit Studio

17 Agustus Event : Jakarta Aquarium

Ayo datang ke Jakarta Aquarium tanggal 17-19 Agustus 2018. Rayakan hari Kemerdekaan dengan bermain sambil belajar dengan Ecofunopoly Raksasa!

Kami tunggu kehadirannya!

CP: Finna 087873317079

Ied Mubarak

Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Selamat merayakan Hari raya dengan penuh suka cita!

Sosalisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2018

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB)

Indonesia menjadi negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia berdasar data yang dikeluarkan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UN-ISDR). Hal ini menjadi isu penting yang harus diperhatikan mengingat dampak dari bencana alam yang akan menyisakan kerugian yang besar bagi masyarakat terdampak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Minggu 15 April 2018. Acara untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April ini digelar di car free day (CFD) di Kawasan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Peringatan pertama HKB ini dihadiri oleh BNPB, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama (LPBI NU), dan Palang Merah Indonesia (PMI), BAZNAS, ACT, Pramuka, Unilever, Indofood, BPBD Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan tidak ketinggalan Ecofun Indonesia tentunya.

 

 

 

 

Ecofun Indonesia ikut berpartisipasi dalam acara HKB ini dengan mengusung seri game terbaru yaitu “Ecofun Siaga Banjir”. Ecofun Siaga Banjir memiliki misi yang mana diharapkan pemain dapat lebih memahami akan bahaya bencana banjir serta pentingnya untuk melakukan upaya pencegahan banjir. para peserta acara HKB serta para pengunjung yang memadati jalan car free day terlihat antusias saat melihat board raksasa Ecofun Siaga Banjir dihamparkan di sisi jalan, dengan segera mereka pun langsung setuju tatkala tim ecofun mengajak untuk ikut bermain game.

Tidak hanya game Ecofun Siaga Banjir, peserta HKB juga ikut merasakan serunya bermain game ecofunopoly seri mengenal sampah, tidak hanya anak-anak bahkan orang tua pun ikut bermain. Mereka mengaku banyak mendapat pengetahuan tentang lingkungan setelah bermain game ecofunopoly. Ecofun Indonesia akan terus berpartisipasi dan berkontribusi untuk mengemban misi memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat demi terciptanya  masyarakat Indonesia yang lebih peduli dan cinta kepada lingkungan.

 

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor

Hari Peduli Sampah Nasional

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan menggelar talkshow pengelolaan sampah di Botani Square, Jumat 9 Maret 2018. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tingkat Kota Bogor dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bogor Usmar Hariman yang mengajak masyarakat untuk mendukung program “Nol Sampah di Pusat Sumber Sampah”. talkshow diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dan dihadiri oleh berbagai komunitas dan relawan pecinta lingkungan termasuk Ecofunopoly.

salah satu anak yang mengunjungi stand ecofunopoly dan bermain ecofunopoly seri sampah

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta tersebut berlangsung meriah dengan dipandu oleh pembawa acara kondang Kota Bogor, Igor Christof. selain talkshow acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperi kelas daur ulang, pameran dari berbagai komunitas, penampilan band akustik dari sekolah, serta tidak ketinggalan bermain Game Ecofunopoly raksasa seri sampah.

Tiba saatnya sesi bermain ecofunopoy raksasa, pengunjung yang hadir dalam acara tersebut yang mayoritas merupakan anak anak sekolah sangat bersemangat dan antusias ingin ikut bermain ecofunopoly. Permainan dipandu oleh kakak-kakak relawan ecofun community yang dengan sabarnya menjelaskan aturan permainan serta memberikan wawasan edukasi lingkungan kepada para pemain. salah satu pemain mengaku sangat senang setelah ikut bermain ecofunopoly, karena menurutnya setelah bermain jadi mendapat pengetahuan yang bermanfaat tentang lingkungan terutama tentang sampah.

Launching Game Siaga Banjir

Ecofun Siaga Banjir

Palang Merah Indonesia (PMI) bersama IFRC dan Zurich Insurance menggelar Seminar dan Loka Karya Nasional yang diadakan di Hotel Millenium Jakarta, Rabu, 7 – 8 Maret 2018 yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, dengan mengangkat tema  “Membangun Masyarakat Tangguh Bencana secara Inklusif dan Berkelanjutan”. Seminar dan lokakarya nasional ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta perwakilan PMI dari 34 Provinsi,  Relawan Siaga Berbasis Masyarakat (SIBAT), dan sejumlah organisasi yang bergerak di bidang kesiapsiagaan bencana termasuk tim Ecofunopoly.

Dalam seminar dan lokakarya PMI ini, dipimpin langsung oleh ketua umum PMI Bapak Jusuf Kalla,  Ecofunopoly resmi meluncurkan game terbaru yang diberi nama “Ecofun Ayo Siaga Banjir”. Pembuatan Game ini merupakan hasil kolaborasi ecofunopoly dan Palang Merah Indonesia dengan tujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya pencegahan bencana banjir.

Suasana seru terjadi saat dilaksanakan kegiatan bermain game Ecofun siaga banjir bersama para pejabat PMI, dengan antusias mereka bekerja sama untuk menurunkan tinngi permukaan air sungai yang dalam game ini diilustrasikan dengan water meter. Game Ecofun ayo siaga banjir ini rencananya akan digunakan oleh PMI, PMR tingkat sekolah, duta SIBAT, serta relawan PMI di tingkat perguruan tinggi. Kepala Markas PMI, Letjen TNI (Purn.) Sumarsono memberikan tanggapan positif terhadap game ini, menurutnya ini merupakan terobosan yang sangat bagus dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya mencegah banjir. ” Pesan pembelajaran dengan metode permainan seperti ini akan lebih mudah terserap oleh pemain ketimbang edukasi yang bersifat instruktif” tegasnya.