CREATONME : Online Training of Trainers

Sabtu, 23 oktober 2021 lalu, ECOFUN Indonesia mengadakan sesi training online berbasis game learning untuk volunteers Program CREATONME, yang berasal dari Bogor dan berbagai negara ASEAN. Bukan pelatihan biasanya tentunya, karena agendanya disertai dengan kegiatan bermain game dan Virtual Office Tour of ECOFUN. Kegiatan ini dinamakan CREATONME Training of Trainers (Online).

CREATONME (Creative Economy Education Through Game-Based Learning) adalah program pemberdayaan pemuda (Empowering Youths) yang dijalankan oleh ECOFUN Indonesia bekerja sama dengan ASEAN Foundation, Maybank dan Maybank Foundation untuk mempromosikan growth mindset dan kemampuan kreatif dalam mendukung pendidikan ekonomi kreatif. Melalui program ini, ECOFUN Indonesia ingin membekali sejumlah pemuda Indonesia dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan gamifikasi melalui serangkaian pembelajaran berbasis game serta memperluas cakrawala pola pikir dan jejaring mereka dari konteks lokal ke konteks ASEAN.

Training of Trainers (ToT) merupakan salah satu rangkaian program CREATONMEyang memberikan pelatihan khusus kepada Volunteers agar siap menjadi fasilitator program CREATONME. Dengan membekali pengetahuan dan keterampilan terkait gamifikasi, fasilitator nantinya akan bertugas mengarahkan dan membantu peserta program CREATONME dalam merancang inovasi Game Board Prototype. Volunteers yang mengikuti ToT terdiri dari 4 Local volunteers asal Bogor, 2 organizing comitee asal Bogor serta 4 ASEAN Volunteers (asal Laos, Phillipines, Malaysia, Thailand). Selain secara online ToT juga nantinya akan diadakan secara Hybrid.

Peserta pelatihan CREATONME berfoto bersama di ECOFUN Plaza on Gather town Virtual Office

 (In frame: Annisa Hasannah Arsyad, Said Fariz Hibban, Aubrey Fadlika)

ToT Online dirangkai dengan berbagai agenda yang menarik. Dimulai dari jam 10 pagi WIB, para peserta training sudah siap di depan layar masing-masing melalui Zoom meeting, untuk menyambut pembukaan MC dan ice-breaking. Selanjutnya, peserta pelatihan mengikuti ECOFUN Virtual Office tour yang dipandu oleh Said Fariz Hibban dari @Gathernesia, melalui Aplikasi Gather town. Setelah break dan makan siang, diadakan sesi pengenalan dan praktik penggunaan Table Top Simulator, dibimbing langsung oleh Founder ECOFUN Indonesia,  Annisa Hasanah yang saat ini berlokasi di Jepang. Setelah itu, volunteers diajak untuk bermain Dixit: Game edukasi yang melatih imajinasi dan kemampuan verbal. Kalian juga bisa mencobanya melalui website berikut Dixit Online (play-dixit.online). Selain rangkaian tersebut, volunteers juga diberikan pemahaman tentang Lesson Plan and Communication Guidelines mengenai rencana pembelajaran selama program dan panduan terkait tata cara komunikasi yang baik. Acara ditutup dengan berbagi kesan pesan peserta training dan foto bersama.

Introduction to Table Top Simulator (in frame: Annisa Hasanah)

”Menurut saya pelatihan ini bagus untuk meyakinkan kita tentang pentingnya sistem gamifikasi dalam pendidikan, karena sepengalaman saya, sistem pendidikan saat ini umumnya didasarkan hanya pada tulisan dan hafalan. Gamifikasi ini adalah contoh yang baik dari cara belajar baru, yang membuat semua orang nyaman dan saling terlibat. Terlihat kami dari berbagai negara yang berbeda tetapi semua orang tampaknya sangat terlibat dan menikmati.’’, tutur Nazrul, salah satu volunteer asal Malaysia.

Peserta CREATONME Online Training of Trainers

Nah, nampak seru bukan acaranya? Belum selesai sampai sini loh.

Selain secara daring, kegiatan CREATONME Training of Trainers ini juga akan diselenggarakan secara Hybrid, artinya dilakukan secara offline/on-site dan online pada waktu yang bersamaan, tanggal 6-7 November 2021 di Hotel Swiss-Berlinn, Bogor dan melalui media zoom meeting. Penasaran? Yuk, ikuti terus kegiatan CREATONME selanjutnya dengan follow instagram @creatonme.

Let’s Play and make an impact!

Ditulis oleh : Ima @halimahazhr

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *